PREFERENSI TERUNGKAP
Hal ini dapat dilakukan jika kita punya cukup informasi mengenai sejumlah pilihan yang dibuat ketika harga dan tingkat pendapatan bervariasi. Gagasan dasarnya sederhana, apabila seseorang konsumen memilih suatu keranjang pasar daripada keranjang lainnya, dan bila keranjang pasar yang dipilih lebih mahal dari keranjang lainnya, maka konsumen pasti akan lebih suka keranjang pasar yang dipilih tersebut.
Dengan lebih banyak informasi mengenai pilihna-pilihan apabila harga dan tingkat pendapatan bervariasi, kita dapat memperoleh gambaran yang lebih tepat mengenai bentuk kurva indiferensi. Dan kita dapat melangkah lebih jauh lagi dengan menggunakan asumsi bahwa bentuk kurva indiferensi berbentuk cembung.
UTILITAS MARJINAL DAN PILIHAN KONSUMEN
Utilitas marjinal (MU) kepuasan tambahan yang diperoleh dari mengkonsumsi satu unit tambahan barang.konsep utilitas marjinal juga dapat digunakan untuk menyusun kembali analisis yang kita guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam. Kita mulai dengan membedakan antara utilitas total yang dari konsumsi dan kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi item yang terakhir. Contoh, utilitas marjinal dari kenaikan konsumsi 0 unitpangan ke 1 unit, mungkin adalah 9; dari 1 samapi 2, mungkin 7; dan dari 2 sampai 3, mungkin adalah 5.
Utitilitas marjinal yang berkurang. Prinsip yang menyatakan bahwa makin banyak suatu barang dikonsumsi, makan konsumsi sejumlah tambahan akan menghasilkan tambahan utilitas yang lebih kecil. Karena makin banyak suatu barang yang dikonsumsi, maka mengkonsumsi sejumlah tambahan akan menghasilkan penambahan utilitas utilitas yang makin keci. Contoh, mengkonsumsi televisi-utilitas marjinal dari menonton televisi ,mungkin menurun setelah jam kedua ketiga dan dapat menjadi sangat kecil setelah jam keempat dan kelima.
Angka ini menunjukan bahwa konsumen memiiki utilitas marjinal yang berkurang (diminishing marginal utility).Karena makin banyak suatu barang dikonsumsi, maka mengkonsumsi sejumlah tambahan akan menghasilkan utulitas marjinal dari menonton televisi mungkin menurun setelah jam kedua atau ketiga dan dapat menjadi sangat kecil setelah jam keempat atau kelima.
Konsumen akan dikatakan telah memaksimalkan utilitas apabila ia sudah memenuhi prinsip kesamaan marjinal (equal marginal principal) yaitu prinsip yang menyatakan bahwa utilitas akan maksimal apabila konsumen telah menyamakan untilitas marjinal setiap dolat untuk semua barang. Ini adalah konsepyang penting dalam mikroekonomi, konsep ini akan muncul kembali dalam bentuk yang berbeda dalam analisa kita tentang perilaku konsumen dan produsen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar